Bekali Karyawan PT SBS Gelar Workshop Building Leadership Greatness

Keterangan Photo : Director Finance & HCGS, Agus Sunaryadi, Narasumber dan Peserta Workshop

Tanjung Enim, SBSNews – Dalam meningkatkan kompetensi karyawan pada level managerial untuk dapat mengembangkan konsep berpikir stategis dalam mengambil keputusan sesuai dengan visi dan misi Perusahaan, PT. Satria Bahana Sarana (SBS) kembali mengelar Workshop Building Leadership Greatness selama dua hari yang melibatkan para pengambil keputusan pada masing-masing satuan kerja bertempat di Learning Center Bukit Asam (20/08/19).

Pentingnya kemampuan berpikir strategis untuk mengidentifikasikan hal-hal penting bagi tujuan jangka panjang PT. SBS melalui analisis secara mendalam, logis dan sistematis sehingga wujud dari berpikir stategis tersebut menjadi modal pengembangan kedepan dan menjadi solusi terbaik menghadapi setiap problematika perusahaan saat ini.

”Sebagai perusahaan jasa penambangan batubara, dimana saat ini kita akan bertranformasi menjadi mining solution yang meliputi mining contractor, asset managemet, mining investment dan equimpmet rental. Semua itu tidak akan berjalan kalau kita tidak mulai dari sekarang, yaitu seperti pelatihan ini”, tutur President Director PT. SBS, FX Sigit Hery Basuki dalam sela-sela acara pembukaan Workshop Building Leadership Greatness (20/08).

Lebih lanjut tutur Presiden Director PT.SBS, FX Sigit Hery Basuki, "jika SBS tumbuh maka Masyarakat Tanjung Enim juga akan merasakan dampaknya, dan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah kita jalani saat ini adalah program magang siswa untuk skill operator dan mekanik, semua siswa merupakan Masyarakat Tanjung Enim", ungkapnya.

Hadir sebagai Narasumber dalam Workshop Building Leadership Greatness adalah Wachid Usman, Leadership Greatness Consulting, Legisan S Samtafsir, Founder Of The Greatness Consulting, Fadlan Irsyad, Founder & Managing Partner Solutif 717 dan Imam Suyoso, Managing Partner Greatness Consulting.

“Peran pemimpin dan pimpinan perusahaan ada tiga yaitu Usaha, Tahu dan Mau, saya menyingkatnya 3U,  jelas Wachid Usman, Leadership Greatness Consulting.

Masih menurut Wachid, yang juga mantan Dirut PT. Timah, Tbk, “workshop dua hari ini intinya akan menghasilkan Agent Of Change (AOC) sebagai Leadership System. AOC merupakan pejabat yang ditunjuk untuk menjalankan program transformasi budaya perusahaan, sebagai saranan komunikasinya adalah Leadership System. Trasnformasi budaya akan menghasilkan proses perubahan situasi organisasi menuju budaya berkinerja tinggi. Dari budaya kinerja inilah nantinya akan muncul prilaku dan norma para karyawan yang memiliki jiwa pejuang (berkerja ikhlas, tidak mengeluh, dan memberikan hasil terbaik)”, jelasnya.

Selanjutnya, “untuk mencapai budaya kinerja tinggi seperti yang disampaikan oleh Pak Wachid harus tercipta great leader, great people dan great organization”, tambah Legisan S Samtafsir, Founder Of The Greatness Consulting.

Lebih lanjut Legisan mengatakan bahwa great leader, great people dan great organization merupakan satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan antara satu sama lain. Untuk mencapai great people terdapat lima pilar, yaitu spiritual (Iman), kemudian mendirikan shalat (Humanity), membagikan rezeki (Generosity), berpegang teguh pada kitab suci (Integrity) dan meyakini hari akhirat (Legacy), jelasnya.

Pantauan SBSNews, peserta yang mengikuti workshop sebanyak 30 orang dari berbagai satuan kerja atau Departement mulai level Superintendent, Manager, Project Manager dan Vice President. Workshop Leadership Greatness dilaksanakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 20 sampai dengan 21 Agustus 2019, di Learning Center PT. Bukit Asam, Tbk.

“Workshop Building Leadership Greatness ini merupakan rangkaian pelatihan puncak yang di selenggarakan oleh Learning Center (LC) PT. Satria Bahana Sarana (SBS). Sebelumnya, Juli 2019, LC telah menyelengarakan pelatihan pada level Foreman dan Supervisor”, terang Oniawan, Head Learning Center PT. SBS. Tujuan diadakan Workshop Leadership ini adalah untuk membekali setiap Leader-leader dengan pembentukan jiwa kepemimpinan yang kuat (strong leadership). Dengan kepemimpinan yang kuat pada masing-masing leader di setiap satuan kerja diharapkan akan memperkuat peran mereka sebagai leader terhadap fungsi dan tanggung jawabnya terhadap pekerjaan dari setiap orang yang dipimpinnya, pungkasnya (SBSNews/Red***)