Fasilkom UBD Palembang Gandeng PT SBS dan Tokopedia Jadi Pembicara Seminar

Keterangan Photo : Dosen UBD serta Narasumber (PT. SBS dan Tokopedia)

Palembang-SBSNews, Ditengah berkembangnya industri 4.0, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma (UBD) gandeng praktisi industri PT. Satria Bahana Sarana (SBS) dan Tokopedia dalam acara seminar Bina Darma Conference On Computer Science (BDCCS) dengan tema “Towards Competent Human Resources Through  The Empowerment of Data Science in The Digital Economy”, kamis (26/9/2019).

Trend teknologi revolusi Industri 4.0 yang berkembang sangat pesat saat ini menjadikan sumber daya manusia harus siap menghadapi tantangan menuju era ekonomi digital. Dengan memanfaatkan data science sebagai alternatif solusi dunia industri maka diharapakan peserta yang terdiri dari mahasiswa/i UBD akan siap untuk menghadapi dunia kerja.

Sebelum acara dimulai, para peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa/i, dosen dan civitas akademik menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Dedy Syamsuar, M.I.T.,Ph.D., Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma Palembang. Dalam sambutannya, Dedy Syamsuar, Ph.D sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada praktisi industri yang sudah meluangkan waktu dan kesempataanya untuk menjadi narasumber seminar yaitu Ahmad Isnaini Sugiarta, M. Kom., Supervisor MIS PT. Satria Bahana Sarana dan Rafido Alvano Wijaya, S.Kom.,Tokopedia.

Masih menurut Dedy Syamsuar, Ph.D, “bahwa seminar kali ini sengaja mengundang semua narasumber dari dunia industri karena pada seminar-seminar sebelumnya biasanya salah satu pembicara adalah akademisi”, ungkapnya.

Pantauan SBSNews, peserta seminar berjumlah 309 peserta yang terdiri dari 218 peserta Jurusan Sistem Informasi dan 91 Jurusan Teknik Informatika. Semua peserta merupakan calon wisudawan/i yang diberikan pembekalan melalui seminar bagaimana peluang kerja sebagai data scientist dalam dunia industri ekonomi digital. Hadir juga dalam kesempatan tersebut dosen-dosen ilmu komputer UBD.

Acara yang di bawakan oleh moderator Tri Basuki Kurniawan, S.Kom., M. Eng., Ph.D, Direktur Sistem Teknologi dan Informasi UBD digelar di Aula Bochari Rachman Universitas Bina Darma, Tokopedia City Manager RGX Palembang, Rafido Alvano Wijaya, S.Kom sebagai narasumber pertama yang memberikan materi seminar bertajuk berbisis di era digital.

Fido mengatakan,”bisnis di era digital sangat menyenangkan, apa lagi saat ini sudah zaman Internet of Things (IoT), temen-temen mahasiswa dapat menjadikan peluang era digital untuk berbisnis menggunakan Tokopedia”, ujarnya.

“Peran data science sangat menjanjikan, ungkap Ahmad Isnaini Sugiarta, M. Kom, Supervisor Management Information System PT. Satria Bahana Sarana yang menjadi pembicara kedua membawakan materi bertajuk peran data science dalam revolusi industri 4.0.”

Lebih lanjut ujar pria yang disapa AIS, “ ada 6 pilar dalam dunia digital saat ini yaitu Super Apps, Broadband Network, Cloud Computing, Big Data, Artificial Intellegence dan Internet Of Things (IoT). Kondisi teknologi IoT memunculkan #MO”.

Masih menurut Ais yang juga merupakan alumni UBD, #Mobilisasi dan Orkestrasi (#MO) telah membawa perubahan dalam berbagai hal, mulai dari leadership, marketing, komunikasi publik dan lainnya. Sebagai contoh, penggunaan tagar pada sosial media untuk mengiring opini publik, tinggal tergantung pemanfaatanya, apakah untuk sisi positif atau negatif, temen-temen mahasiswa harus lebih bijak dan logis menggunakannya. Karena temen-temen saat terjun ke Masyarakat merupakan Agen Of Change (AOC) UBD yang mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi”, jelasnya.

“Sementara orkestrasi, ditandai dengan munculnya cara-cara baru dalam value creation yang menjadi dasar ekonomi produktif. Kalau dulu value creation bersifat internal dan didapat dari aset-aset tangible (benda yang dapat di hitung secara fisik seperti Mobil, Motor, Kursi, dan lain sebagainya. Sedangakan "Intangible itu segala sesuatu yang melekat pada manusia, tapi enggak bisa dijaminkan, seperti keterampilan, ide, inovasi, dan sebagainya”, tambahnya.

 “Antusias peserta seminar sangat tinggi, karena materi data science yang disampaikan oleh Pak Ais (PT. SBS) dapat diterapkan pada dunia industri tambang, ritel, perbankan dan banyak lagi. Materi yang di sampaikan juga sangat relevan dengan tema seminar hari ini, harapanya kedepan antara UBD dan PT. SBS dapat berkerja sama lagi, tutur M. Soekarno Putra, M. Kom, dosen ilmu komputer sekaligus ketua panitia pelaksana seminar BDCCS.

Setelah pemaparan materi dari narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta di akhiri dengan photo kenangan bersama dan pemberian cindera mata kepada narasumber yang di wakilkan oleh Dedy Syamsuar, M.I.T., Ph.D, Dekan Ilmu Komputer dan Dr. Edi Surya Negara, M. Kom., Ketua Program Studi Sistem Informasi (SBSNews/Red***).

Info berita yang sudah di publish media online dapat di baca melalui link berikut ;

www.sumselindependen.com/gandeng-pt-sbs-dan-tokopedia-dalam-menghadapi-industri-4-0/

https://vosmedia.co.id/pt-sbs-kupas-enam-pilar-dalam-dunia-digital-di-ubd-palembang/

www.suarasumselnews.co.id/2019/09/28/hadapi-revolusi-industri-4-0-fasilkom-ubd-gandeng-pt-sbs-dan-tokopedia/