Kirimkan Operator Terbaik PT. SBS Juara 1 CAT Global Operator Challenge di Palembang

Juara 1 PT. Satria Bahana Sarana (Yohanes), Juara 2 PT. Cipta Kridatama (Ponimin), dan Juara 3 PT. Madhani

Palembang, SBSNews – Sebagai upaya meningkatkan prestasi dan menyadari pentingnya peranan operator dalam menujang pekerjaan yang berhubungan dengan alat berat maka, PT. Satria Bahana Sarana (SBS) kirimkan tiga operator terbaik pada ajang CAT Global Operator Challenge 2019 di Palembang yang diselengkarakan oleh PT. Trakindo Utama, Kamis (15/08/19).

Sebagai perusahaan mining solution, PT. SBS yang bergerak di bidang jasa penambangan batubara, penggunaan alat berat dan SDM (operator) merupakan satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan antara satu sama lainnya. Hal ini juga di katakan Trakindo, mengutip dari sumsel.antaranews.com, "Alat bagus dan berkualitas, tidak akan maksimal penggunaanya jika operatornya tidak terampil. Kata kuncinya, perusahaan benar-benar fokus pada peningkatan kualitas operator.”

Mengingat pentingnya akan hal tersebut maka PT. SBS mengirimkan ketiga operator terbaik untuk mengikuti kompetisi yang di selengarakan PT. Trakindo.  Perwakilan dari PT. SBS adalah Yohanes Hary Wiharso, Rusdian Oktora dan Leo Sepsiandri Malau. Ketiga operator ini sudah melakukan latihan secara terus menerus sebelum kompetisi hari ini (15/08) di pertandingkan.

“Operator yang saya pilih adalah operator master terbaik berdasarkan skill kompetensi yang sudah saya validasi. Akan tetapi waktu sebelum mengikuti kompetisi, kami terkendala  pada alat Excavator dan Whell Loader”, ungkap Operation Senior Instruktur PT. SBS, Rusdian Oktora yang juga mengikuti kompetisi.

Lebih lanjut, ujar pria yang biasa di sapa Tora, karena di Tanjung Enim Mine Operation (TJMO) tidak ada Wheel Loader maka kami berinisiatif dan koordinasi dengan Manajement supaya bisa orientasi Wheel Loader di Peltar, Lampung selama 4 hari sebelum kompetisi di mulai, jelasnya.

Perjuangan yang tidak sia-sia, akhirnya PT. SBS berhasil menjadi Juara 1, Juara 2 PT. Cipta Kridatama dan PT. Madhani sebagai Juara 3 dalam kompetisi CAT Global Operator Challenge. Juara 1 dari PT. SBS di wakili oleh Yohanes Hary Wiharso, Operator. Yohanes meyingkirkan 21 peserta terbaik lainnya, dari Sumatera Selatan. Saat awak media SBSNews menghubungi, mata yang berkaca-kaca dan sangat bahagia, “tidak menyangka saya bisa menang Pak”, ujarnya.

“Perlombaan mulai dari mengangkat peralon dan menempatkan pada tempat, hingga mengambil bola dari atas corn dan memasukkan ke dalam drum, maupun mengoperasionalkan loader dengan berbagai rintangan”, tuturnya.

Masih tutur Yohanes, “Saya sempat grogi Pak dan hampir menyerah dengan rintangan saat lomba, tetapi dengan semagat pantang menyerah mendaptkan motivasi dari Instruktur (Tora) dan Leo akhirnya PT. SBS keluar sebagai Juara 1”, ungkapnya ke awak media SBSNews.

“Harapannya kedepan kompetisi seperti ini diadakan setiap tahun supaya semua operator lain bisa termotivasi dan lebih semangat lagi dalam bekerja. Kami bertiga merasa bangga bisa membawa nama perusahaan terutama PT. SBS yang kita cintai, Pungkasnya.

Untuk di ketahui bahwa kompetisi ini merupakan bagian dari acara CAT Global Operator Challenge yang diselenggarakan oleh Caterpillar pada tingkat dunia. Kontestan terbaik tingkat nasional akan mewakili Indonesia dalam final regional yang diadakan di Jepang, pada November 2019. Para kontestan yang berhasil lolos pada babak tersebut akan mengikuti final global yang diadakan di Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Maret 2020. Semoga PT. SBS mampu mengibarkan benderanya dalam kompetisi ini sampai finalisasi global di Amerika sesuai dengan filosofi visi dan misi menjadi Perusahaan Solusi Penambangan Kelas Dunia yang Peduli Lingkungan, “SBS Saya, SBS Kita, SBS Bisa.” (SBSNews/Red***)