PEDULI COVID-19 PT. SBS DONASIKAN BANTUAN APD ke TIM GUGUS TUGAS COVID-19 MUARA ENIM

Keterangan Photo : Penyerahan APD secara Simbolis oleh President Direktur PT. Satria Bahana Sarana

Muara Enim, SBSNews – Donasi Kemanusian Kelengkapan APD (Alat Pelindung Diri) khusus Tenaga Medis dan Non yang menjadi garda terdepan dalam menangani Coronavirus Disease-2019 (Covid-19), bertempat di Kantor Pemerintahan Kab. Muara Enim, PT. Satria Bahana Sarana (SBS) meyerahkan sejumlah APD yang di terima langsung oleh Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, Jum’at (22/05/2020).

Alat Pelindung Diri (APD) saat ini sangat dibutuhkan oleh Tenaga Medis maupun Non Medis terutama dalam menghadapi wabah covid-19. APD berguna untuk penghalang dari penestrasi partikel zat bebas, cair atau pun udara dari infeksi yang di hasilkan oleh virus maupun bakteri.

Untuk itu melalui bentuk kepedulian donasi kemanusian dalam menghadapi wabah covid-19 serta tanggung jawab Perusahaan terhadap lingkungan sekitar maka dalam kesempatan ini PT. SBS menyerahkan bantuan berupa APD untuk tenaga medis dan non medis di Dinas Kesehatan Kab. Muara Enim, PMI dan Puskesmas Tanjung Enim yang secara simbolis di terima langsung oleh Plt. Bupat Muara Enim, H. Juarsah.

Dalam sambutannya, Plt. Bupat Muara Enim, H. Juarsah di dampingi Sekretaris Daerah Pemda Muara Enim Ir. H. Hasanudin dan Juru bicara Covid 19 Kab. Muara Enim, Panca Surya Diharta mengungkapkan, “saya ucapkan terima kasih atas keikutsertaan badan usaha yang ada di muara enim, yang ikut peduli Covid 19, karena itu adalah kewajiban kita Bersama.”

Lebih lanjut imbuhnya, “saya menghimbau kepada BUMN dan BUMD yang ada di Kab. Muara Enim supaya tidak lelah untuk ikut bersama-sama dalam menuntaskan penangan covid 19. Semoga bantuan ini bisa memberi manfaat bagi tim medis dan masyarakat untuk dapat memakai APD berupa Masker, Hazmat, Sanitizer.”

Dalam kesempatan ini pemberian bantuan diserahkan langsung oleh President Direktur PT. SBS, “kami merasa berbahagia pada pagi hari ini, karena bantuan ini langsung di terima oleh Plt. Bupati Kab, Muara Enim. Ini merupakan bentuk tanggung jawab kami sebagai bagian dari Kel. Besar Bukit Asam. PT. SBS adalah cucu dari PTBA dan merupakan Anak dari PT. Bukit Multi Investama (BMI)”, ungkap President Direktur PT. SBS, FX. Sigit Hery Basuki.

Masih dalam sambutannya, “ini merupakan bentuk yang bisa kami berikan berupa APD untuk tenaga medis dan non medis di Dinkes, PMI dan Puskesmas Tanjung Enim. Sebelumya, Minggu lalu kami juga berbagi dalam bentuk SBS berbagai dengan memberikan 1200 Paket Sembako ke Masyarakat di Tanjung Enim, Bantuan ke Pondok Pesantren dan para Marbot di Masjid-masjid. Itu adalah yang bisa kami berikan sebagai tanggung jawab sosial ke Masyarakat, mudah-mudahan bantuan yang kami berikan walau tidak banyak tapi bisa sedikit membantu bagi Masyarakat yang ada di Kab. Muara Enim.”

Adapun bantuan APD yang diberikan langsung ke Pemda Kab. Muara Enim berupa Masker bedah sebanyak 100 pcs, Masker N95 2995 pcs, sarung tangan 196 pasang dan sepatu boat sebanyak 75 pasang. Bantuan tersebut nantinya akan di distribusikan ke Dinas Kesehatan yang ada di Kab. Muara Enim. Selain penyerahan bantuan ke Pemda Kab. Muara Enim, PT. SBS juga memberikan bantuan Donasi Kemanusian ke unit transfusi darah PMI Kab. Muara Enim berupa Hazmat 20 pcs, Masker Surgical 10 kotak, Masker N-95 1500 pcs, Sepatu Pelindung (boot) 11 pasang, Apron (celemek) 17 pcs, Pelindung Mata (Google) 12 pcs, Pelindung Muka (faceshield) 21 pcs, Penutup Kepala 5 kotak, dan Handscoen 10 kotak. Kemudian, Donasi Kemanusiaan APD Untuk Puskesmas Tanjung Enim adalah Baju Hazmat 21 pcs, Pelindung Muka (faceshield) 40 pcs, Helm Pelindung + faceshield 12 pcs dan Masker N-95 1.765 pcs.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Muara Enim, Vivi Mariani, S.Si., M. Bmd, Apt saat di wawancarai awak media SBSNews mengungkapkan mengenai kelangkahan APD ini, “memang di awal-awal APD kita Langkah, jadi memang untuk APD yang lengkap itu khusus di gunakan untuk bagian yang urgent. Nah, sekarang APD nya sudah cukup, Insya Allah semuanya kebagian”, tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Badan Usaha yang memberikan bantuan ke Dinas Kesehatan atas nama Pemerintah Kabupaten Muaraenim untuk membantu penanggulangan dan penanganan virus Corona di Kabupaten Muaraenim cukup banyak, mulai membantu berupa APD, Alat Sanitasi dan Makanan Minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk bantuan pihak ketiga, akan dibagikan ke seluruh sarana kesehatan yang melayani penanggulangan virus Covid 19 seperti RSUD dr HM Rabain Muaraenim, Rumah Sehat Islamic Centre, 22 Puskesmas dan Tiga RSUD Type D yang ada di Kabupaten Muaraenim (AIS/Red***).