Pentingnya General Safety Talk sebagai usaha pencegahan kecelakaan kerja

Keterangan Foto : Karyawan site Banko sedang melakukan General Safety Talk

Tanjung Enim, SBSNews – PT. Satria Bahana Sarana melaksanakan kegiatan general safety talk di dua lokasi site Tambang Air Laya (7/5/2019) dan site Banko (8/Mei/2019).

Mengapa safety talk itu begitu penting dan harus dilakukan sebelum bekerja? Lalu bukankah semua pekerja sudah mendapatkan pelatihan formal sesuai dengan bidang pekerjaan mereka sebelum masuk dalam lingkungan kerjanya? Meskipun pelatihan formal sudah diberikan kepada para pekerja, ada kalanya terjadi kelalaian karyawan dalam bekerja. Melalui fenomena inilah divisi K3-HSE PT Satria Bahana Sarana (PT. SBS) mengambil peranan untuk mengingatkan betapa pentingnya safety dalam bekerja, terlebih lagi di area pertambangan, karena begitu banyak kondisi yang dapat mengancam keselamatan.

PT. SBS melalui divisi K3-HSE secara rutin melaksanakan kegiatan safety talk. Kegiatan rutin safety talk ini dilaksanakan setiap bulan secara tentative, jadwal menyesuaikan. Untuk bulan Mei 2019, PT. SBS mengelar acara general safety talk di dua lokasi yaitu di site Tambang Air Laya (TAL) dan Banko. Pelaksanaan kegiatan di dua lokasi tersebut digelar pada pagi hari ketika operator change shift (7-8/Mei/2019).

Melalui surat edaran Kepala Inspektur Tambang (KAIT), “karyawan harus bekerja dalam keadaan fit to work dan tidak dalam kondisi kelelahan serta menjaga produktivitas bekerja dan menjalankan program Keselamatan Pertambangan,” ungkap Operation Director, PT. SBS, Leonard M. Manurung.

Masih menurut Leo, “berdasarkan data statistik accident periode 1 Januari 2019 s.d 30 April 2019 dengan total accident 13 kejadian. Adapun rincian kejadian meliputi ; Property Damage sebanyak 9 kejadian dan Near Miss sebanyak 4 kejadian. Untuk bulan april 2019 tidak ada accident, artinya safety pada pegawai semakin membaik”, pungkasnya.

General safety talk tidak hanya untuk mengingat para pekerja mengenai kondisi keselamatan pekerja, juga sebagai moment untuk para karyawan berkomunikasi secara tatap muka. Mengingat setiap karyawan mempunyai kesibukan masing-masing, tidak dapat dipungkiri jika ada kesulitan dalam berkomunikasi karena lokasi site kerja yang berbeda.

Selain itu juga, pada akhir acara general safety talk di Banko maupun TAL dilakukan pembagian merchandise sebagai bentuk apresiasi pada para karyawan yang sudah menjaga keselamatan dalam bekerja, dengan beberapa kategori operator terbaik, driver terbaik, pengawas terbaik, dan lain sebagainya (SBSNews/Red**)