SBS Inspire : Innovation Spirit Event untuk Membagun Perusahaan Lebih Maju

Tanjung Enim, SBSNews - Dalam mempertahakan kinerja sebuah perusahaan sangat diperlukan adanya suatu aktivitas perbaikan dan perubahan, atau sering dikenal dengan Improvement. Tidak sedikit informasi yang kita dengar mengenai perusahaan yang mengalami jatuh bangun dan berujung dengan gulung tikar. Hal ini dapat disebabkan oleh karyawan ataupun organisasi perusahaan itu sendiri. Sebagaimana diketahui, ketidaksanggupan bertahan baik secara internal merupakan salah satu faktor ketidakmampuan perusahaan untuk bertahan.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang mining solution, PT. Satria Bahana Sarana (SBS) perlu melakukan penanganan untuk cost dan expenses. Dengan alasan demikian, PT. SBS berinisiatif untuk meningkatkan sistem manajemen pada pengidentifikasi peluang serta pengurangan pemborosan. Tujuan SBS Inspire adalah untuk menyalurkan inisiatif kreatif karyawan dalam melakukan inovasi, dimana SBS Inspire inilah yang menjadi media penyalur inisiatif kreatif tersebut sebagai SBS-Innovation Spirit Event (SBS-ISE).

Inisiatif kreatif tersebut bisa berasal dari satu pemikiran ataupun beberapa pemikiran karyawan. Kategori dibagi menjadi dua. Pertama kategori individu dan kedua kategori per tim yang bisa diikuti karyawan dengan jumlah lima sampai dengan delapan orang.

Kategori Kompetisi dan Harapan Direktur Utama PT. SBS

Untuk jenis kompetisi terbagi menjadi dua bagian yaitu; technical dan non-technical. Secara technical berarti perbaikan yang bersifat teknis berupa peralatan, sementara non-technical adalah perbaikan yang bersifat non-teknis berupa analisis. Seperti biasanya setiap kompetisi tentu ada sebuah apresiasi, maka PT. SBS sudah menyiapkan total hadiah jutaan rupiah untuk beberapa inovasi terbaik.

SBS-ISE dimulai dari tanggal 15 Maret 2019 sampai dengan 17 Agustus 2019 melalui beberapa tahapan diantaranya : submission, screening, execution, valuation, dan awarding. Hadirnya SBS ISE dapat menjawab semua kegundahan karyawan dalam menyampaikan inovasi mereka guna membangun PT SBS lebih maju. Inovasi tertampung, kegundahan melayang bersama SBS-ISE

“SBS Inspire masuk dalam proram Program Management System (PMO) sebagai Continues Impovment Culture (CIC). CIC merupakan pemberdayaan anggota TIM dalam suatu organisasi yang secara terus menerus mencari peluang untuk perbaikan dan mengarah pada kekuatan dalam perusahaan”, ujar CEO Altamis, Dendi Rizky Fadila, Kamis (14/03/2019).

Hal senada diungkapakan Direktur Utama PT. SBS, FX Sigit Hery Basuki. Menurutnya melalui SBS Inspire ini, diharapakn dapat mencetuskan inisiatif-inisiatif baru perbaikan yang bersifat sederhana, cepat dan bisa dikerjakan dengan biaya yang relatif kecil namun dapat memberikan dampak yang cukup besar untuk perusahan dalam waktu yang relatif singkat.

Sigit berharap SBS Inspire akan banyak inisiatif perbaikan yang bermunculan baik dari lapangan maupun dari office. “Saya mengharapakan partisipasi yang luas dari seluruh insan sehingga anda akan menjadi pengerak perubahan tersebut dan tidak hanya menjadi objek dalam prosesnya, untuk itu saya ucapkan selamat menjalankan”, pungkasnya (SBSNews/Red).